Pantai Tambakrejo dan Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar

Blitar, selain terkenal akan obyek wisata makam bung Karno nya, ternyata tempat satu ini juga menyimpan keindahan alam pantai-pantainya yang tersembunyi. Tidak terkecuali pantai Tambakrejo dan pantai Pasetran Gondo Mayit. Nah, tulisan kali ini akan mencoba mengulas kedua pantai tersebut.

Pantai Tambakrejo

Pantai satu ini bisa dibilang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Blitar maupun luar kota yang bisa dilihat dari banyaknya jumlah pengunjung di pantai ini. Pantai Tambakrejo terletak di desa Tambakrejo, kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar. Jaraknya kurang lebih 45 km arah selatan dari pusat kota Blitar. Mendekati pantai ini jalanan yang dilalui akan naik-turun, berliku-liku dan bisa dibilang masih cukup sempit jika dilalui dua mobil yang berpapasan. Jadi, untuk yang membawa mobil perlu sedikit kehati-hatian. Namun keindahan pemandangan di sisi jalan akan mengalihkan rasa was-was kita.

Untuk tiket masuk ke pantai Tambakrejo ini kebetulan saat itu tidak ada. Namun untuk parkir sepeda motor dikenai tarif 3000 per kendaraan. Sesampainya disana, pantai dalam keadaan cukup sepi karena tidak bertepatan dengan liburan. Ketika di pantai Tambakrejo ini tidak perlu takut kelaparan, karena disana terdapat semacam blok-blok kios yang menjual ikan-ikan bakar yang dijual sangat murah. Selain itu juga terdapat fasilitas lain seperti musholla, toilet, warung-warung yang menunjang tempat ini.

Kembali ke pantainya. Bisa dibilang pantai Tambakrejo ini masih cukup bersih entah karena pada saat saya datang keadaan pantai masih sepi atau memang begitulah kondisi pantai Tambakrejo di hari-hari ramai pengunjung. Yang jelas, tidak seperti pantai-pantai lain yang jika sudah terkenal akan berpengaruh ke lingkungan pantai. Air laut di pantai Tambakrejo ini masih biru, dengan beberapa perahu nelayan yang bersandar di tepi pantai. Sehingga pantai ini cocok untuk liburan namun tetap harus dengan menjaga lingkungan. Ombak yang ada di pantai Tambakrejo ini cukup besar karena memang tipikal pantai selatan. Bahkan semacam tembok untuk menghadang ombak yang berada di sebelah timur pantai sampai ambrol.

Pantai Tambakrejo ini bisa dibilang recommended banget buat dijadikan sebagai referensi wisata pantai baik untuk keluarga, kawan, ataupun untuk sekedar melepas penat.


Pantai Tambakrejo - via Dok. Pribadi

Pantai Pasetran Gondo Mayit (Pasir Putih)

Berjalan sedikit kearah timur dari pantai Tambakrejo, kalian akan menemukan surga lain yang tersembunyi di balik bukit. Namanya adalah pantai Pasetran Gondo Mayit atau orang biasa menyebutnya pantai pasir putih. Mendengar namanya, pasti yang terbesit di pikiran kalian adalah rasa ngeri. Eits, jangan cepat berspekulasi dulu, mungkin memang namanya cukup menyeramkan, tapi ketika kalian sampai kesana, dijamin kalian akan betah berlama-lama disana. Berbeda dengan pantai Tambakrejo, untuk menuju ke pantai Gondo Mayit ini membutuhkan sedikit usaha untuk mencapainya. Selain melewati sungai kecil yang bisa dilewati ketika laut sedang surut, kalian juga harus menaiki bukit. Tak perlu khawatir, medan yang dilalui masih bisa digolongkan cukup mudah. Terbukti baik anak kecil sampai orang dewasa cukup banyak yang pernah sampai ke pantai ini. Dari atas bukit kalian bisa melihat spot view yang sangat luar biasa jika cuaca mendukung. Hamparan biru laut ditambah hijaunya bukit-bukit disekitar pantai akan menjadi panorama yang epic yang sayang untuk dilewatkan. 


Sungai Kecil yang harus dilalui - via Dok. Pribadi

Pemandangan dari atas bukit - via Dok. Pribadi
Cukup menantangnya medan yang harus dilalui, membuat pantai ini juga masih jarang dikunjungi wisatawan. Dan tentu saja, jika sebuah pantai masih jarang dikunjungi, artinya keindahan, keasrian, dan kebersihannya masih terjaga. Air lautnya masih biru jernih, hingga batu-batu karang di dalam laut terlihat jelas. Sayangnya, sama seperti pantai saudaranya, ombak di pantai Gondo Mayit ini juga bertipe ombak laut selatan, yang artinya gelombang air laut sangat besar. Sehingga tidak disarankan untuk berenang di pantai ini. Namun untuk sekedar bermain air di pinggir pantai rasanya sudah cukup untuk melepas penat.

Kekurangan ? 
Berbicara mengenai kekurangan dari pantai ini tentu ada. Tidak adanya warung, toilet, musholla, atau fasilitas lain mungkin cukup membuat repot. Jadi kalian disarankan untuk membawa bekal sendiri ataupun membeli makanan dan minuman di pantai Tambakrejo untuk dibawa ke pantai Gondo Mayit ini. Ataupun untuk berbilas atau mandi setelah kalian bermain air harus dilakukan di pantai Tambakrejo.

Tapi, kurangnya fasilitas yang ada di pantai Gondo Mayit tidak akan mengurangi kekaguman kalian akan pantai ini bukan (?). Segera siapkan rencana liburan anda untuk mengunjungi pantai-pantai indah ini...


Pantai Gondo Mayit - via Dok. Pribadi


Pantai Gondo Mayit - via Dok. Pribadi

Untuk lebih memberikan gambaran tentang pantai ini, check this out guys :)

Comments

Popular posts from this blog

Hey, Jepang Tidak Melulu Soal Tokyo : Kobe-Kyoto-Osaka Pt. 2

Kebun Teh Wonosari Malang