Air terjun Torohan Sampang Madura

Seberapa sering kalian mendengar wisata alam air terjun di Madura ? mungkin jarang atau bahkan belum pernah.
Mungkin jika kita membicarakan mengenai air terjun di Madura akan sedikit terdengar asing di telinga karena memang di Madura ini konon katanya hanya terdapat satu air terjun. Nah, air terjun ini yang menjadi tujuan trip kami selanjutnya. Namanya air terjun Torohan atau Toroan yang terletak di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, Kabupaten Sampang, Madura.

Selain unik karena merupakan air terjun satu-satunya yang ada di Madura namun juga dikarenakan aliran air terjun Toroan ini tepat mengalir ke laut Jawa yang ada di depannya. Waktu tempuh yang diperlukan untuk mencapai ini dari Surabaya sekitar 3-4 jam bergantung kondisi jalan. Untuk mencapai air terjun ini tidaklah sulit dikarenakan akses ke air terjun ini cukup mudah. Aliran air terjun ini berasal dari sungai yang ada di antara pemukiman warga.

Mungkin untuk yang pertama kali kesana disarankan untuk bertanya pada warga sekitar karena memang lokasinya yang sedikit tersembunyi di balik pohon-pohon yang ada di pinggir jalan. Ditambah lagi suara gemericik air terjun akan tersamarkan dengan bunyi deburan ombak laut Jawa. Sehingga sepintas orang tidak akan menyangka kalau ada air terjun di sekitar tempat tersebut. Ketika bertanya pada warga sekitar usahakan ada yang mengerti bahasa madura, karena rata-rata orang disana masih menggunakan logat madura yang cukup membuat bingung orang awam.


Aliran Toroan tepat menuju laut Jawa - via www.fotografer.net
Untuk parkir, dapat dititipkan pada warung atau rumah-rumah warga yang berada di sekitar lokasi dan untuk menuju air terjun hanya perlu berjalan sekitar 100 meter. Atau dapat juga parkir pada penambang pasir yang ada di dekat lokasi air terjun. Tarif yang diberikan oleh penambang ini terbilang cukup mahal, jika mengingat sebenarnya lokasi air terjun ini belum ada yang memberdayakan karena tidak ada fasilitas-fasilitas apapun di air terjun ini. Jadi jangan membayangkan air terjun ini seperti tempat wisata pada umumnya.

Sedikit informasi untuk kalian, jangan datang juga ke air terjun ini ketika musim hujan, karena dapat dipastikan aliran air terjun ini akan keruh. Selain itu, waktu yang pas untuk datang ke tempat ini adalah pagi atau sore hari.
Air Terjun Torohan ketika musim kemarau - via www.griyawisata.com

Itu tadi sedikit informasi yang bisa saya bagikan, semoga bermanfaat..
Jangan lupa selalu menjaga lingkungan sekitar

Comments

Popular posts from this blog

Hey, Jepang Tidak Melulu Soal Tokyo : Kobe-Kyoto-Osaka Pt. 2

Pantai Tambakrejo dan Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar

Kebun Teh Wonosari Malang