Hey, Jepang Tidak Melulu Soal Tokyo : Tokushima Pt. 1

Jika ada pertanyaan "Tempat mana yang ingin kamu kunjungi ketika berada di Jepang ?" Banyak orang akan menjawab Tokyo dan Osaka yang terkenal dengan kota modernnya, Kyoto dengan wisata sejarahnya, Hokkaido dengan musim saljunya serta kota-kota lain yang tentunya sudah familier kita dengar. Namun tahukah atau pernahkah kalian dengar dengan tempat bernama Tokushima ? Jika belum, tulisan ini akan cocok membantu kalian mengetahui sedikit lebih banyak mengenai salah satu prefecture di Jepang ini dan bisa menjadi alternatif tujuan wisata kalian yang recommended. Sebagai informasi, Tokushima sendiri merupakan salah satu prefecture dari 4 prefecture yang ada di pulau Shikoku. Jika melihat pada peta, Shikoku Region berada pada daerah yang berwarna ungu. Let's check it out !

Kitanowaki Beach 北の脇海岸

Kitanowaki beach ini berada di Nakabayashi-choAnan-shi, Tokushima prefecture. Pantai ini terletak di bagian timur pulau Shikoku, sehingga cocok untuk menikmati matahari terbit. Pantai dengan tipe pasir agak hitam kecoklatan ini bisa menjadi tempat favorit bagi kalian yang punya hobi memancing ataupun yang hanya ingin menyegarkan pikiran dan menikmati pemandangan yang ada. Selain ombak tenangnya yang memungkinkan kalian untuk sekedar bermain air di pinggir pantai ataupun berenang, adanya bukit-bukit yang mengelilingi pantai ini juga menambah nilai plus. Pantai ini terbilang sangat bersih dan sepi pada hari-hari biasa, namun jika memasuki musim libur akan banyak penduduk Jepang yang akan menghabiskan waktu disini. Dan katanya pada saat-saat tertentu penduduk sekitar pantai juga akan bergotong-royong untuk membersihkan pantai, sehingga tidak dipungkiri kenapa pantai ini selalu terlihat bersih.


House of Indigo (Ai No Yakata)  藍の館

Terletak di Aizumicho, Tokumei Aza Maesunishi, Tokushima, tempat ini sejatinya merupakan museum pakaian celup. Di tempat ini kalian akan diajari untuk membuat kain celup mirip seperti prakarya kain celup yang pernah kalian buat ketika sekolah dulu. Yakni dengan memasukkan beberapa batu kerikil kemudian diikat dengan karet pada beberapa bagian kain tergantung pada model apa yang kalian mau dan terakhir dicelupkan pada bak berisi pewarna biru dongker dalam beberapa waktu. Uniknya, pewarna yang digunakan untuk mewarnai kain ini berasal dari tanaman yang ada di area museum tersebut. Hasil karya kalian tadi pun juga bisa dibawa pulang. Selain bisa mencoba membuat kain celup secara langsung, kalian juga bisa melihat-lihat rumah tradisional Jepang dan jika beruntung kalian akan diberikan suguhan alat musik tradisional khas Jepang. Tertarik mencoba ?


Ryozenji Temple  霊山寺 

Belum ke Jepang namanya jika belum berkunjung ke salah satu temple-nya. Salah satu temple yang menjadi pusat wisata temple di Tokushima adalah Rozenji temple, tepatnya di Naruto, Tokushima. Salah satu Buddhism temple ini merupakan temple pertama dari 88 jalur Shikoku pilgrimage temple. Jadi, Ryozenji temple ini merupkan rute awal jalur pilgrimage ke 88 temple di pulau Shikoku. Di dalamnya terdapat banyak  sub-sub temple yang memiliki bentuk berbeda-beda serta kolam ikan-ikan sejenis koi.

 Oasahiko Shrine 大麻比古神社 

Berbeda dengan Ryozenji Temple, Oasahiko Shrine merupakan jenis Shinto shrine. Terletak di Bando Oasa-cho, Naruto, Tokushima, shrine ini memiliki area yang sangat luas. Selain kuil utama, di sekitar kuil juga terdapat kolam yang sangat epic serta jembatan buatan Jerman yang menjadi bukti sejarah pada masa perang dunia I. Kuil ini biasa dijadikan tempat pemanjatan doa dan harapan bagi orang-orang shinto, mulai dari bayi, anak-anak, remaja , maupun orang dewasa. Di dekat gate, juga terdapat pohon yang mirip dengan rupa gajah dimana pada salah satu cabangnya menyerupai belalainya sehingga menambah kesan yang menarik dari tempat ini.


Ohama Beach

Selain Kitanowaki beach, ada juga Ohama beach  yang terletak di Minami, Kaifu district, Tokushima prefecture. Jika kalian berkunjung sekitar bulan Oktober, kalian bisa melihat acara "Hiwasa Hachiman Jinja Autumn Festival" dimana beberapa kelompok laki-laki berjumlah sekitar 50 orang dari masing-masing daerah akan mengangkat dan membawa sejenis portable shrine mengitari pantai. Para turis ataupun orang-orang dari negara lain juga bisa berpartisipasi dalam acara ini. Para peserta akan mengenakan kostum yang berbeda berdasar daerahnya. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak pun juga menjadi partisipan dalam festival ini. Festival ini akan sangat ramai oleh pengunjung baik dari warga lokal maupun mancanegara. Berbagai macam jajanan khas Jepang seperti Takoyaki, manisan buah, hingga merchandise unik yang dijual disekitar area pantai pun tak kalah menarik perhatian dari wisatawan.


 Yakuoji Temple 薬王寺 

Yakuoji temple terletak di Teramae, Okugawachi, Minami Town, Tokushima. Masih berada di wilayah Minami, temple ini berada tidak jauh dari Ohama Beach. Cukup dengan berjalan kaki sekitar 1 km, kalian bisa menemukan tempat ini. Menyambung rangkaian 88 Shikoku Pilgrimage temple, Yakuoji temple merupakan temple ke 23 sekaligus menjadi rute temple terakhir yang ada di Tokushima sebelum memasuki Kochi prefecture. Temple ini berada pada sisi gunung sehingga ketika kalian sudah naik ke area temple, kalian akan disuguhi keindahan kota Minami. Pemandangan yang kalian dapat akan semakin indah jika kalian datang di masa cherry blossom, karena di area pagoda dari Yakuoji temple banyak terdapat pohon Sakura. Selama kalian dalam perjalanan menaiki anak tangga yang jumlahnya puluhan, kalian akan menemukan koin di setiap anak tangga yang dibawa oleh orang-orang yang datang kesini.


Mt. Bizan 眉山 

Temple sudah, pantai sudah. Jika kalian mencari dataran tinggi, kalian bisa melirik tempat ini. Ya, Mt. Bizan merupakan gunung yang berada di tengah kota Tokushima. Tulisan kanji dari Mt. Bizan ini berarti eyebrow atau alis dikarenakan bentuk dari Mt, Bizan ini terlihat seperti alis jika dipandang dari sudut manapun. Dari atas Mt. Bizan ini kalian bisa melihat pemandangan kota Tokushima yang ciamik jika cuaca cerah. Kalian juga bisa menggunakan teropong untuk melihat pemandangan kota secara lebih jelas dengan hanya memasukkan koin beberapa sen saja. Selain pemandangan yang ciamik, kalian juga bisa menikmati ropeway seperti yang ada di TMII atau jika kalian datang dengan pasangan kalian, sensasi gembok cinta yang populer di Korea juga bisa kalian rasakan disana. Akses ke tempat ini juga tidak sulit, karena gunung ini termasuk tidak terlalu tinggi. Bahkan kalian bisa memarkir mobil kalian tidak jauh dari puncak. Infrastruktur yang ada di tempat ini juga sangat baik.


Udatsu Townscape  脇町うだつの町並み 

Udatsu Townscape terletak di Oaza-inoshiri, Wakimachi, Mima-shi. Tempat ini sendiri merupakan sejenis kompleks perumahan tradisional khas Jepang dimana atap dari rumah-rumah yang ada disini terbuat dari tanah liat yang fire-proof atau tahan api. Di tempat ini dijual beberapa merchandise unik yang khas. 



Otani Pottery 徳島県 


Sesuai namanya, Otani Pottery merupakan tempat kerajinan tanah liat yang berisi berbagai macam produk tanah liat seperti teko, gelas, guci, priring, dan sebagainya. Disini kalian bisa membuat sendiri desain karya kalian sesuai model yang ditawarkan. dan karya kalian akan jadi seminggu kedepan.



Naruto Whirlpool 鳴門の渦潮 

Naruto whirlpool ini terletak di bawah jembatan Naruto dan sekaligus menjadi ikon yang terkenal di kota Tokushima itu sendiri. Pusaran air yang terjadi di bawah jembatan Naruto ini terbentuk dari bertemunya arus antara aliran dari daerah Naruto di Tokushima serta Awaji Island di Prefecture Hyogo. Waktu terbaik untuk melihat pusaran ini adalah pada saat musim gugur (spring) dan musim semi (autumn) atau sekitar akhir Maret hingga akhir April. Spot terbaik yang bisa kalian ambil untuk melihat secara lebih jelas dan ekslusive adalah dari atas kapal atau pada uzu-no-michi, Jika kalian menggunakan kapal, kalian bisa merasakan bagaimana berputar di sekeliling pusaran dan menikmati deburan ombaknya. Tertarik mencoba ?


Uzu no Michi 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, cara lain yang bisa kalian ambil untuk menikmati Naruto Whirlpool adalah pada Uzu-no-michi. Ya, disini kalian bisa melihat dan menikmati pemandangan Naruto Whirlpool dari atas. Di bawah sepanjang konstruksi jembatan Naruto, dibuat seperti lorong tempat berjalan bagi pengunjung untuk menikmati pemandangan pusaran tadi. Selang beberapa langkah akan ada seperti permukaan kaca agar kalian bisa melihat lebih jelas dan merasakan berjalan diatas pusaran.


Nah, itu tadi beberapa tempat yang bisa menjadi rujukan list wisata kalian ketika kalian mengunjungi Tokushima. Selain pemandangan yang tidak kalah menarik, tentu biaya disini tidak semahal di Kota-kota besar yang sudah disebutkan sebelumnya. Bagaimana, Tertarik ?

Comments

Popular posts from this blog

Pantai Tambakrejo dan Pantai Pasetran Gondo Mayit Blitar

Hey, Jepang Tidak Melulu Soal Tokyo : Kobe-Kyoto-Osaka Pt. 2

Kebun Teh Wonosari Malang